SPIRITUAL

GOD SPOT

Ketenangan yang engkau ciptakan membuat kaum muslim dapat menyibukkan diri mereka dalam ketaatan kepada allah. Maka, itu pun merupakan amal baik. Tuhan telah membuatmu condong pada perbuatan baik seperti itu, dan kecenderunganmu itu adalah tanda dari kebaikan tuhan. Sebaliknya ketika engkau mengurangi hasratmu untuk berbuat baik seperti itu, berarti tuhan menampakkan tanda-tanda ketidaksukaan-nya.

Tuhan tidak ingin bila perbuatan-perbuatan baik semacam itu diganjar oleh seorang manusia walupun orang itu memiliki kemakmuran dan ganjaran yang berlebih. Seperti kamar mandi hangat yang uapnya berasal dari tungku. Tuhan menyediakan peralatan untuk penguapan,seperti jerami, nyala api, kotoran hewan, dan lain-lain. Dilihat dari luar, barng-barang tersebut mungkin tampak kotor dan buruk, tetapi semuanya merupakan kebaikan ilahi agar tujuan mereka dapat tercapai. Ketika bak mandi teruapi oleh bahan-bahan tersebut, orang-orang akan memperoleh manfaat darinya.

Shalat akan lebih bisa mendekatkan seseorang dengan tuhan. Bagaimanapun, wujud shalat tidak hanya dalam bentuk luarnya saja; yakni hanya “bungkus” shalat yang memiliki awal dan akhir. Apapun yang memiliki awal dan akhir adalah “bungkus”. Ucapan takbir pernyataan atas keagungan tuhan, adalah permulaan salat dan ucapan salam adalah akhirnya.

Begitupula ada sesuatu yang lebih dari sekedar ucapan iman yang diucapkan lidah karena ucapan itu pun memiliki awal dan akhir. Apapun yang dapat diucapkan, memiliki awal dan akhir adalah “bentuk”, “bungkus”; sedangkan “jiwanya’ tidak dibatasi oleh isyarat-isyarat fisikal dan tidak terbatas, tanpa awal dan akhir.

Shalat sebagaimana yang kita ketahui dan kita lakukan saat ini adalah hasil rumusan para nabi, nabi Muhammad, yang telah merumuskan shalat, pernah bersabda “aku memiliki waktu dengan tuhan. Dan selama waktu itu tidak terdapat ruang baik untuk nabi penanggung pesan ataupun malaikat yang berada di dekat tuhan untuk berbagi denganku”, maka kita mengetahui bahwa “jiwa” shalat tidak terletak hanya pada bentuk luarnya saja, melainkan juga merupakan keadaan dari keterserapan seorang manusia dan ketidaksadaran seluruhnya selama semua melakukan suatu bentuk luarnya, karena di sana tidak ada ruang, tetap berada di luar. Pada jenjang ini tidak terdapat ruang sedikit pun. Bahkan bagi jibril sekalipun.

Surga, bumi dan segala isinya tidak berdaya dan dikuasai hukum-nya; dia adalah raja yang maha kuat. Cahayan-nya tidaklah seperti cahaya matahari dan bulan, meskipun keberadaan benda itu tetaplah sebagaimana adanya. Tidak. Apabila cahaya-nya bersinar tanpa disaring, surga ataupun bumi tak akan dapat bertahan, tidak pula matahari atau bulan, tidak seorang pun akan tersisa.

Meski demikian, apabila tuhan telah memilih satu pelayan-nya dan menyebabkannya terserap ke dalam diri-nya, apabila setiap orang mesti berebut memegang pakaian-nya dan membuat permintaan kepada tuhan, tuhan akan mengabulkan permintaan yang paling dekat dengan-nya walaupun dia tidak mengatakan permintaannya.

Bahwa jiwa shalat lebih baik daripada shalat. Jawaban lain ialah bahwa iman lebih baik daripada shalat., karena shalat diwajibkan lima kali sehari sedangkan iman tidak boleh terputus. Orang dapat dimaafkan dari shalat dengan alasan yang benar, juga diizinkan menunda shalat.

Iman tanpa shalat patut diberi ganjaran, sedangkan shalat tanpa iman, seperti shalatnya orang munafik, tidak mendapatkan apa-apa. Shalat berbeda berdasarkan agama. Sedangkan iman tidak akan berubah karena perbedaan agama. Keabadian dan keuniversalan iman meliputi berbagai hal, keadaannya, perhatiannya, dan lain-lain. Juga ada perbedaan lain. Seseorang dapat mendengar wahyu sesuai derajat kemampuan ketertarikannya terhadap wahyu tersebut. Seorang pendengar wahyu seperti tepung terigu di tangan seorang pengadon; wahyu itu bagaikan air, dan ”ukuran air yang benar mesti dikocok ke dalam tepung terigu.”

Be the first to start a conversation

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: