Antara Futsal, Basuki, Adjie Massaid dan Usia 40 Tahun

Posted on 7 Februari 2011

0


Apakah salahnya olah raga futsal? Setelah pelawak Basuki di akhir 2007 dan sekarang Adjie Massaid, yang meninggal setelah malamnya main futsal.

Permasalahannya pertama mungkin karena faktor usia. Di usia 40 tahun pembuluh darah sudah mulai mengecil ukurannya akibat proses alami degeneratif maupun karena pola makan.

Faktor kedua, mungkin karena olah raga ini dilakukan malam hari oleh keduanya. Padahal siklus biologis tubuh membutuhkan istirahat pada jam itu. Tetapi karena dari pagi sampai sore jadwal pekerjaan padat, mungkin ini sempat dilakukan saat malam.

Faktor ketiga adalah jenis olahraga yang bersifat kompetitif, dengan stressor tinggi seperti sepak bola, tenis, bulu tangkis apalagi angkat besi, sebaiknya dihindari di usia memasuki 40 an. Olahraga seperti ini bersifat tidak ritmik, terkadang tubuh santai, terkadang harus mengeluarkan kekuatan penuh untuk berlari atau mengayun.

Olah raga yang cocok usia 40 an adalah berenang santai, jogging, bersepeda santai dan jalan pagi. Memaksa dengan olah raga prestasi seharusnya dihindari, kecuali atlit profesional. Itu pun atlit profesional banyak yang pensiun di umur 40 an.

Umur manusia siapa tahu, tetapi kalau memang masih bisa dicegah, sebaiknya semua lelaki yang mau main futsal, tenis, bulu tangkis, karate, dan lain-lain olah raga berstressor tinggi dan bersifat kompetitif sebaiknya memeriksakan diri ke dokter jantung dan dilakukan echocardiography, menilai apakah jantungnya masih dapat menanggung beban yang mendadak tinggi secara tidak beraturan saat berolah raga sejenis futsal.

Oleh: Posmasiahaan via BBM

Posted in: kesehatan