Manfaat Pelukan

Posted on 15 September 2010

0


‎​‎​Beberapa hari lalu ada berita di TV Channel-7 Sydney, bahwa bayi lahir prematur 27 mggu yang sudah dinyatakan meninggal, hidup lagi setelah 2 jam dipeluk ibunya.

Yang dilakukan oleh si ibu, dikenal sebaga Kangaroo Care, yaitu perawatan bayi prematur dengan cara memberikan sentuhan kulit ke kulit antara si ibu dan bayinya.

Kisah nyata di atas juga membuktikan bahwa Pelukan bisa memberi keajaiban-keajaiban, dan bisa kita praktekkan dalam kehidupan se-hari-hari.

Ibu Virginia, terapis keluarga dari Amrik bilang, “Kalau rumah tangga Anda di ambang kehancuran, peluklah pasangan Anda 20 kali sehari. Saya yakin Anda berdua tak akan bercerai”.

Setiap orang butuh 4 kali pelukan -/hari untuk tetap hidup, 8 kali untuk sehat, dan 12 kali untuk awet muda dan bahagia.

Saat berpelukan, tubuh melepaskan hormon oxytocin yang nyambung dengan rasa damai dan cinta. Hormon ini membuat jantung dan pikiran sehat.

Pelukan dapat dilakukan kepada semua, suami/istri, kekasih, keluarga, anak dan orang tua. Yang pasti pelukan harus bebas dari konotasi negatif apalagi gairah.

Ini juga berlaku pada anak-anak. Jika bayi Anda rewel, peluklah. Dia akan merasa aman, efeknya pada kekebalan tubuh. Pelukan juga dapat mengurangi sakit fisik maupun psikis, mengubah emosi negatif menjadi positif.

Jadi, sekarang siapkan pelukan terbaik Anda untuk orang-orang yang Anda cintai !!
jadi, mulailah hari anda dengan senyum dan pelukan.

Send from yuni by BBM

Posted in: Budaya, kesehatan