Belanda vs Spanyol, Warna Baru Piala Dunia

Posted on 10 Juli 2010

3


Supporter Spanish (Sumber foto:bleacherreport.com)

Sejarah baru akan terjadi pada tanggal 11 Juli saat Belanda menghadapi Spanyol di final Piala Dunia 2010 di Johannesburg, Afrika Selatan. Siapapun pemenangnya akan muncul juara baru.

Prestasi yang diraih Belanda dalam ajang piala dunia adalah menjadi finalis piala dunia pada tahun 1974 dan tahun 1978 tetapi kalah dari tuan rumah Jerman dan Argentina. Sedangkan prestasi spanyol hanya menjadi posisi juru kunci di babak semi final pada tahun 1950 di Brasil.

Impian dan ambisi ke dua keseblasan tentu sangat besar, Belanda harus menunggu 31 tahun agar bisa tampil difinal piala dunia, sedangkan Spanyol harus menunggu selama 59 tahun untuk lolos dari babak semi final dan kali ini pertama kali menjadi finalis.

Tim Eropa telah memenangkan sembilan dari 18 kompetisi Piala Dunia, tetapi tidak pernah menang di luar Eropa, Belanda atau Spanyol sebagai pemenang, kali ini tim Eropa sudah membuktikan bisa menjadi jawara di luar kandang.

Laga piala dunia kali ini kita tidak melihat lagi cara bermain ala eropa total football yang biasa di mainkan terutama oleh Belanda dan Inggris. Gaya bermain ini memang mengandalkan stamina yang prima, pola bertahan dengan mengandalkan lebih banyak menyerang, umpan-umpan jauh dan bola lambung serta mengandalkan serangan sayap yang menukik ke gawang lawan. posisi pemain bersifat egaliter setiap pemain bisa berganti posisi sesuai sikon permainan dan bola berada di mana, sehingga membutuhkan koordinasi tim agar setiap lini lapangan bisa dikuasai baik pergerakan lawan dan sirkulasi bola.

Belanda kali ini lebih bermain pragmatis, ofensif menyerang dengan mengandalkan suplay bola dari lini tengah dan sayap di mana setelah itu pemain barisan belakang harus tetap pada posisi dan area lininya sendiri menunggu bola yang kemungkinan berbalik arah atau menghalau serangan balik. Hasilnya Belanda mampu mematikan gaya samba dengan menaklukkan brasil di babak sebelumnya.

Gaya pragmatisme ini tentu akan digunakan belanda untuk mengalahkan spanyol, bermain ofensif, terbuka, lebih banyak menyerang dengan target produksi goal lebih dari satu sebagai jaminan menuju kemenangan.

Bagaimana dengan strategi spanyol menghadapi belanda ini yang difavoritkan banyak orang sebagai juara setelah mampu mengalahkan Jerman di semi final. Si paul gurita dan pelatih jerman pun turut menjagokan spanyol. Kekaguman banyak orang atas prestasi Spanyol ini bukan karena daya serang spanyol yang begitu gencar, tetapi kemampuan spanyol di dalam mematikan lawan mengembangkan permainannya. bagi spanyol kemenangan itu cukup dengan satu bola selebihnya bola jangan sampai pindah ke kaki lawan, dengan demikian kekuatan spanyol berada di lini tengah dan barisan pertahanan, gaya permainan ini bergerak mirip ala samba.

Spanyol cenderung bermain defensif dengan mengutamakan penguasaan bola lebih banyak, mengawal ketat setiap pemain dan lini permainan, kemudian mencari moment tepat melakukan serangan langsung ke gawang lawan, tembakan-tembakan di luar kotak garis finalti kemungkinan besar banyak dilakukan oleh pemain spanyol. dalam hal ini tentu saja spanyol juga bermain pragmatis.

Pertarungan Spanyol vs Belanda ini tentu akan lebih dasyat dibandingkan dengan spanyol vs jerman di semi final. Diperkirakan belanda akan bermain terbuka, ofensif menyerang untuk membongkar kekuatan lini tengah spanyol. Serangan belanda akan lebih banyak menggunakan terobosan bola-bola jauh dan serangan suplay bola dari sayap. Prinsip pemain belanda cari dan rebut bola dan segera menyerang. bandingkan dengan prinsip bermain spanyol, cari, rebut dan jaga bola, bola jangan sampai jatuh ke kaki lawan.

Spanyol lebih cenderung bermain defensif, penguasaan bola lebih banyak, harapannya mampu mematikan pergerakan dan sirkulasi bola lawan, sedangkan aksi penyerangan akan dilakukan dalam akselerasi yang tepat.

Belanda atau spanyol yang jadi pemenang sangat ditentukan oleh akselerasi setiap pemain di dalam mengembangkan permainan dengan bola-bola akurat. Prediksinya jika Belanda menang formasinya 2-1, sedangkan spanyol untuk menang hanya butuh 1-0.

Nah, kembali kepada anda, akan menjagokan siapa ?
Yang jelas partai finalis ini akan menampilkan warna baru yang renyah untuk di tonton.

salam dialognol

Posted in: olah raga