SBY Layak Jadi Saksi Pansus

Posted on 19 Januari 2010

3


Terlepas dari kontroversi apakah sby bertanggung jawab soal bailout century, sesuai komitmen sby bahwa skandal ini harus dibuka terang benderang dan transparan maka kesaksian sby diperlukan di depan pansus untuk membuka tabir persoalan ini.

Selama ini tanggapan pihak sby mengatakan tidak tahu menahu soal bailout ini, sementara di sisi lain sby berpendapat bailout ini dilakukan sebagai langkah penanganan krisis keuangan global agar perekonomian tidak mengalami imbas yang lebih besar. Dalam konteks ini tentu ada kontradiksi antara tidak tahu, tetapi kok setuju sesuai dengan alasan seperti yang dikemukakan boediono dan sri mulyani.

Sesuai perppu no.4 2008 mewajibkan ketua KSSK sri mulyani melaporkan setiap proses bailout dan dia juga menkeu, artinya sebagai pembantu presiden tentu terjadi proses komunikasi di antara keduanya di dalam proses pengambilan keputusan. Proses komunikasi inilah yang perlu dipertanyakan ke sby, termasuk mempertanyakan jika KSSK tidak memberikan laporan ke sby.

Selain itu boediono dalam pemeriksaan pertama di hadapan pansus, mengakui kalau sudah melaporkan setelah keputusan bailout dilakukan, namun pada pemeriksaan ke dua mengaku tidak tahu dan merasa sebagai gubernur BI tidak punya kewajiban itu, padahal dia juga sebagai anggota KSSK.

Kehadiran marsilam sebagai nara sumber juga dipertanyakan karena posisinya sebagai UKP3R, marsilam sendiri memberikan dua kesaksian berbeda, di luar pansus mengakui sebagai utusan presiden sementara di depan pansus mengakui bukan. Kontroversi ini tentu hanya sby yang bisa menjawabnya, hal ini juga terkait karena posisi marsilam sebagai ketua UKP3R yang diminta berkerjasama dengan KSSK. Apakah jika marsilam bukan ketua UKP3R masih diperlukan sebagai nara sumber.

Tanpa perlu berpanjang lebar, apakah sby layak atau tidak jadi saksi di depan pansus, jika sby seperti pengakuannya bahwa bailout ini sudah benar dan tepat dan tidak ada penyalahgunaan wewenang di dalamnnya, maka dalam konteks inilah kesaksian sby diperlukan.

Kalau bersih, kenapa mesti risih, kesaksian sby di depan pansus sangat layak diperlukan agar rumor bahwa sby berada dibalik skandal ini tidak terjadi lagi. Wallahualam.

Salam dialog

Ditandai:
Posted in: Hukum, Politik