Kompasianer; Tipe Manusia Apakah Anda ?

Posted on 8 September 2009

0


Intermezzo. Mengenali diri itu penting agar tahu kita itu siapa dan bagaimana, dalam proses mengenali diri kita seolah hanya memprsepsikan diri, namun ke mana arah persepsi itu, demikianlah kita adanya. Tertantang mengenali diri biasanya muncul ketika ada stimulus yang datang, bisa dalam bentuk gerak, isyarat, maupun kata dan kalimat dalam frase tanya. Entah stimulus itu dirasa nyambung gak nyambung dengan kondisi kekinian atau seperti menemui hal baru, seperti hidup jadi tidak lengkap jika tidak bisa memberi jawaban, hasilnya jawaban itu bisa rada humor, serius, dianggap biasa saja, gak penting, atau kita sama sekali tidak menjawab, tapi hati kecil selalu menyimpan tanya dan jawab. Sedemikian apakah itu rupanya, demikianlah kita rupa adanya.

__by_Sander_Seto

POD. Dalam Pendidikan Orang Dewasa (POD) di mana metode ini saat ini banyak digunakan di tingkat pendidikan rendah atau anak-anak dan TK/usia dini. Jawaban suatu pertanyaan bukanlah sesuatu yang penting, tetapi kualitas pertanyaan menjadi faktor penting, penting untuk menginspirasi meransang otak kiri dan kanan, jawaban bisa di lain waktu. Ketika menemukan jawaban atas pertanyaan itu di suatu fase, waktu dan tempat tertentu, proses pencerahan kembali menuai, dan kita kembali mempersepsikan diri serta kembali mengenali pada diri bahwa ada hal yang baru, yang tumbuh di dalam diri kita.

POD dalam satu kelompok pembelajaran, fasilitator atau pemandu berposisi sebagai mitra belajar dari kelompok audience tersebut, sumber belajar adalah pengalaman. Penggalian suatu persoalan pemandu hanya menjelaskan beberapa kata kunci yang perlu dibahas sesuai topik yang diinginkan akan dicapai. Setelah itu semua kelompok audience diwajibkan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, kemudian kompilasi pertanyaan dibahas dalam kelompok itu sendiri untuk sampai pada suatu kesimpulan sementara. Jika pertanyaan berkualitas, maka sebagai orang dewasa akan menghasilkan jawaban atau solusi yang tepat dan mencerahkan.

Dalam sebuah situs pertemanan, seorang teman mengirimi saya beberapa pertanyaan seperti di bawah ini, untuk sampai pada suatu sisi pemahaman diri, “tipe manusia apakah anda ?”, radanya termehek-mehek, bahasa gaul, seolah tak penting dan mungkin tidak penting bagi anda, namun mencoba memilih satu atau lebih, mungkin bisa mengungkap satu sisi kehidupan yang kita yang selama ini tidak kita kenal. Mari kita simak, “Tipe Manusia Apakah Anda ?”

1. Manusia Super Update
Kapanpun dan di manapun selalu update status. Statusnya tidak terlalu panjang tapi terlihat bikin risih, karena hal-hal yang tidak terlalu penting juga dipublikasikan.
Contoh : “Lagi makan di restoran A..”, “Dalam perjalanan menujuneraka..”, “Saatnya baca koran..”, dan sebagainya.

2. Manusia Melankolis
Biasanya selalu curhat di status. Entah karena ingin banyak diberi komentar dari teman-temannya atau hanya sekedar menuangkan unek-uneknya ke facebook. Biasanya orang tipe ini menceritakan kisahnya dan terkadang menanyakan solusi yang terbaik kepada yang lain.
Contoh : “Kamu sakitin aku..lebih baik aku cari yang lain..”, “Cuma kamu yang terbaik buat aku..terima kasih kamu sudah sayang ama aku selama ini..”.

3. Manusia Tukang Ngeluh
Pagi, siang, malem, semuanya selalu ada aja yang dikeluhkan.
Contoh : ” Jakarta maceeet..!! Panas pula..”, “Aaaargh ujan, padahal baru nyuci mobil..sialan. .!!”, “Males ngapa2in.. cape hati gara2 si do’ i..”, dsb.

4. Manusia Sombong
Mungkin beberapa dari mereka ga berniat menyombongkan diri, tapi terkadang orang yang melihatnya, yang notabene tidak bisa seberuntung dia, merasa kalo statusnya itu kelewat sombong, dan malah bikin sebel.
Contoh : “Otw ke Paris ..!!”, “BMW ku sayang, saatnya kamu mandi..aku mandiin ya sayang..”, “Duh, murah-murah banget belanja di Singapur, bow,”

5. Manusia Puitis
Dari judulnya udah jelas. Status nya selalu diisi dengan kata-kata mutiara, tapi ga jelas apa maksudnya. Bikin kita terharu? Bikin kita sadar atas pesan tersembunyinya? atau cuma sekedar memancing komentar? Sampai saat ini, tipe orang seperti ini masih dipertanyakan.
Contoh : “Kita masing-masing adalah malaikat bersayap satu. Dan hanya bisa terbang bila saling berpelukan”, “Mencintai dan dicintai adalah seperti merasakan sinar matahari dari kedua sisi”, “Jika kau hidup sampai seratus tahun, aku ingin hidup seratus tahun kurang sehari, agar aku tidak pernah hidup tanpamu”.

6. Manusia in English
Tipe manusianya bisa seperti apa saja, apakah melankolis, puitis, sombong dan sebagainya. Tapi dia berusaha lebih keren dengan mengatakannya dalam bahasa Inggwis gicyu Low..
Contoh : “Tie and Chair..”, “I can tooth, you Pink sun..” dsb..

7. Manusia Lebay
Updatenya selalu bertema ‘gaul’ dengan menggunakan bahasa dewa.. ejaan yang dilebaykan..
Contoh..” met moulnin all.. pagiiieh yg cewrah… xixiixi” << lol~

8. Manusia Terobsesi
Mengharap tapi ga kesampaian.. pengen jd artis ga dapat-dapat.
Contoh : “duwh… sesi pemotretan lagi! cape…”

9. Manusia Sok Tau
Sotoy tenarnya. Padahal dia sendiri tidak tahu apa yang ditulisnya.
Contoh : “Pemerintah selalu memanjakan rakyatnya.. bla..bla…bla,”

10. Bioskop Mania
Update film yang abis ditonton dan kasih comment..
Contoh : “ICE AGE 3..Recomended! !”, “Transformers 2 mantab euy..”

11. Manusia pedagang
Contoh: “jual sepatu bla bla bla”

12. Manusia penyuluh masyarakat
Contoh: “jangan lupa dateng ke TPS, 5 menit utk 5 tahun bla..bla”

13. Manusia Alay
Ada berbagai macam versi, dari tulisannya yang aneh, atau tulisannya biasa aja, hanya saja kosakata nya ga lazim seperti bahasa alien.
Contoh:Alay 1 : “DucH Gw4 5aYan9 b6t s4ma Lo..7aNgaN tin69aL!n akYu ya B3!bh..!!”
Alay 2 : “km mugh kog gag pernach ngabwarin aq lagee seech? kmuw maseeh saiangs sama aq gag seech sebenernywa? ”
Alay 3 : “Ouh mY 9oD..!! kYknY4w c gW k3ReNz 48ee5h d3ch..!!”(Khusus buat tipe ini, ga usah di baca juga gpp..saya pribadi juga mikirdulu buat nulis ini, walaupun jadinya kurang mirip sama yg aslinya..)

14. Tipe Hidden Message
Tipe ini biasanya tidak to the point, tapi tentunya punya niat biar orang yg dituju membaca nya. (bagus kalo baca..kalo ngga? kelamaan nunggu) padahal kan bisa langsung aja sms ya..
Contoh : “For you my M***, I can’ t live without you..you are my bla bla bla..”,”Heh, cewe bajingan..ngapain lo deket2in co gw?! kyk ga laku aja lo..” (padahal ce tersebut tidak ada dalam jaringannya. . mana bisa baca…:p)

15. Tipe Misterius
Tipe yang biasanya bikin banyak orang bertanya tanya atas apa maksud dari status orang tersebut..Biasanya dalam suatu kalimat membutuhkanSubjek + Predikat + Objek + Keterangan. Tapi orang tipe ini mungkinhanya mengambil beberapa atau malah hanya 1 saja..Dan pastinyamengundang kontroversi.
Contoh : “Sudahlah..” ,
“Telah berakhir..” (apanya??),
“Termenung.. .” (so what gitu, loh)

Rasional & Irasional

Rasional & Irasional

Sebelum anda menjawab seperti pilihan-pilihan di atas, anda diharuskan dulu membuat persepsi atau asumsi atau pemahaman sendiri atas maksud salah satu pertanyaan, karena hanya dengan cara demikian anda bisa mengapresiasi diri, tipe manusia apakah anda sesuai pilihan di atas. Kalau anda tidak memilih berarti anda ingin lari dari tanggung jawab, padahal yang semua kita hadapi hanya kita sendiri yang bertanggung jawab. Berani bertanggun jawab ? artinya berani mengambil resiko, berani mengambil resiko ? artinya kita paham apa yang kita hadapi. Jikalau demikian anda rupanya, semua yang ada boleh anda lakukan, tiada yang terlarang, karena sungguh hidup ini bukan pilihan, kalaupun anda memilih, maka hidup ini adalah tanggung jawab.

Berani bertanggung jawab, silahkan lakukan, jika tidak lebih baik lain kali saja atau tidak sama sekali. Silahkan anda menjawabnya, mau pake ‘kepala’ atau tidak pake kepala, anda adalah penanggungjawab diri anda sendiri. wallahualam.

Selamat Ikhtikaf Ramadhan.

salam dialog

Posted in: Budaya