Deposan Besar Untung; Negara Buntung

Posted on 5 September 2009

1


Pengamat ekonomi Indef Iman menjelaskan dana bailout yang dikucurkan pemerintah lewat LPS sebanyak Rp6,7 triliun adalah untuk menyehatkan bank. Namun, kesempatan ini justru dimanfaatkan oleh deposan besar dalam menyelamatkan dana mereka. Deposan besar tersebut langsung menarik dananya melebihi rekomendasi LPS sebesar Rp 2 miliar. “Jadi jika ada nasabah Century yang menarik dana dari Century melebihi jaminan LPS Rp 2 miliar, itulah yang dipertanyakan,”.

Sementara untuk deposan yang dananya tidak sampai Rp 2 miliar, sebenarnya tidak ada alasan untuk takut karena sudah ada jaminan pemerintah. “Kalau pun ada yang masih takut berarti itu disebabkan pemberitaan media saja,” tukas Iman.

Apakah pemerintah mengetahui atau tidak, dana bailout yang dikucurkan ke Bank Century ternyata telah dimanfaatkan para deposan besar untuk bisa menarik dananya dari Bank Century. Pasalnya, jika dilikuidasi maka dana para deposan yang jumlahnya melebihi Rp 2 miliar di Bank Century tidak akan dijamin Pemerintah pembayarannya.

Pada tahun 2008 LPS telah mengucurkan dana sekitar Rp6,7 triliun untuk penyehatan Century. Namun dalam perjalanannya sampai sekarang, dana bailout Rp 6,7 triliun sudah menyusut Rp 5,6 triliun. Artinya sekitar Rp 5,6 triliun dana yang sebenarnya untuk menyehatkan perusahaan malah dipakai oleh bankir untuk mengembalikan deposito nasabah. Apakah ada keterkaitan penarikan dana tersebut digunakan untuk dana kampanye pihak tertentu pada pileg dan pilpres lalu ? Ini yang perlu diusut!

Masihkah BPK dan KPK bertaji ??? wallahualam.

salam dialog

Posted in: Ekonomi