Buka Puasa Kolosal Di Ramadhan Fair

Posted on 27 Agustus 2009

1


Setiap tahun di bulan Ramadhan Pemko Medan menyelenggarakan Ramadhan Fair, tahun ini sudah memasuki Ramadhan Fair VI. Tempat penyelenggaraan acara ini berada di pusat kota, persis di depan Istana Kerajaan Melayu Deli Maimun dan berada di sebelah kanan halaman Masjid Raya Kota Medan. Dari Bandara polonia Medan lokasi ini dapat dijangkau dalam waktu 15 menit.

Gerbang Masuk Ramadhan Fair VI tampak di depan Istana Melayu Maimun

Gerbang Masuk Ramadhan Fair VI tampak di depan Istana Melayu Maimun

Pentas panggung hiburan artis-artis dari ibukota Jakarta

Pentas panggung hiburan artis-artis dari ibukota Jakarta

Acara pokok di Ramadhan Fair ini ada dua yaitu acara buka puasa bersama tetapi tidak gratis dan pentas seni budaya Islam. Buka puasa bersama ini dalam bentuk penyajian berbagai jajanan, nyaris semua makanan, minuman dan kue-kue yang ada di nusantara di jual di acara ini. Anda cukup datang milih tempat duduk di mana dan makanan minuman serta kue-kue lainnya tinggal pesan melalui pelayan pemilik tempat. Untuk pentas seni biasanya mendatangkan artis-artis dari ibukota.

Tempat buka puasa

Tempat buka puasa

Ramadhan fair ini biasanya didatangi pengunjung antara 5.000 s/d 10.000 orang, dari non muslim juga ada yang kebetulan dapat undangan teman, kerabat atau teman kantor untuk buka puasa atau makan malam di sini. Jika tidak memesan tempat lebih dulu atau datang telat, maka kemungkinan akan berbuka puasa tanpa tempat duduk dan meja serta harus puas duduk di emperan masjid atau menunggu selepas Magrib kalau ada pengunjung yang sudah meninggalkan tempatnya.

Suasana in door buka puasa bersama ramadhan fair

Suasana in door buka puasa bersama ramadhan fair

Bagi anda yang muslim dan datang ke Kota Medan bertepatan Bulan Ramadhan, rasanya sayang jika tidak mengunjungi keramaian ini, buka puasa secara kolosal jadi menu utama dan dalam suasana kekerabatan dan kekeluargaan yang sangat kental. Perlu diketahui bahwa karena ikatan marga dan perkawinan yang harus dilakukan antar marga, sehingga perbedaan pun jadi sirna, setiap marga walaupun marga itu mayoritas muslim atau nasrani namun tetap memiliki keluarga dari pemeluk ke dua agama tersebut.

Suasana out door buka puasa bersama ramadhan fair (dok/foto.inka)

Suasana out door buka puasa bersama ramadhan fair (dok/foto.inka)

Sekedar tips bagi yang baru datang, harus tiba di tempat ini minimal jam 5 sore menjelang buka puasa, setelah memesan tempat duduk serta makan minum yang di inginkan, anda kemudian bisa jalan-jalan berkeliling tempat mengunjungi Istana Maimun dan Masjid Raya yang bangunannya masih peninggalan sejarah masa lalu alias ngabuburit. Wallahualam.

Horasssssss…..(salam sejahtera)

Posted in: agama