INTELEK BAGIAN DAN INTELEK UNIVERSAL

Posted on 7 Juli 2009

0


188413

۞…. Apakah ada di dunia ini seseorang yang tidak tahu, sedangkan seluruh pelajaran berasal darinya ? apa yang dapat dimiliki oleh intelek bagian yang tidak dimiliki oleh intelek universal ? intelek bagian tidak mampu untuk menemukan apa pun yang belum terlihat sebelumnya.

۞…Susunan, keterampilan, dan bangunan yang diletakkan oleh manusia bukanlah keahlian baru : kesenangan mereka pernah terlihat sebelumnya dan sekedar ditambahkan kepadanya. Hanya intelek universallah yang bisa mengetahui sesuatu sejak awalnya. Intelek bagian hanya bisa melatih diri. Latihan itu selalu membutuhkan bimbingan, dan pembimbingnya adalah intelek universal. Sama halnya, ketika menyelidiki seluruh perdagangan, engkau akan menemukan bahwa semuanya berasal dan dipelajari dari para nabi, yang merupakan intelek universal. Ingatlah cerita gagak : ketika Kabil membunuh Habil dan dia berdiri tidak mengetahui apa yang mesti dilakukan dengan tubuh saudaranya. Lalu dia melihat seekor gagak membunuh gagak yang lain, lalu gagak itu menggali bumi, menguburkan gagak mati dan menimbunkan kotoran di atas tubuh. Dari sini Kabil belajar cara membuat kuburan dan mengubur tubuh. Seluruh perdagangan semua seperti ini.

۞…Siapa pun yang pemilik intelek bagian, dia akan membutuhkan bimbingan. Dan intelek universal adalah pemberi bakat segala hal. Yang menyatukan setiap bagian dengan intelek universal dan menjadi satu. Sebagai contoh, tangan, kaki, mata, dan telinga manusia, dan semua anggota indera manusia lainnya, mampu diperintah pikiran. Kaki belajar cara berjalan, tangan cara menggemggam, mata dan telinga cara melihat dan mendengar, semuanya bersumber dari pikiran. Apabila tidak ada pikiran, akankah segala anggota inderawi ini mampu melakukan fungsinya ?

۞…Sekarang, berhubungan dengan pikiran, tubuh ini kasar dan buruk. Sementara hati dan intelek itu lembut, dari sana dia mendapatkan apa pun miliknya. Tanpa yang lembut, yang buruk tidak akan berguna, salah, kasar, dan tidak berharga. Sama halnya, berhubungan dengan intelek universal, intelek bagian adalah alat yang diperintah oleh dan mendapat manfaat dari intelek universal; dan mereka lebih buruk dibandingkan intelek universal……۞….

Wallahualam.

Iklan
Ditandai:
Posted in: Paradigma Satu