Hikmah Ramadhan

Posted on 26 Juli 2012

2


Puasa itu dibaratkan membangun surga, tapi kalao puasa hanya sekedar memindahkan jam makan saja itu berarti anda memindahkan diri anda sendiri dari surga ke neraka.

Puasa atau ibadah apapun yang kita lakukan hakikatnya bukan mengejar amal sebanyak-banyaknya karena segala kebaikan bisa dilakukan karena kehendak Tuhan jua adanya. Akhir ramadhan ditutup dengan zakat fitrah, artinya hakikat ibadah itu atau fitrah manusia bagaimana berbuat menyenangkan orang lain agar Tuhan senang anda pun puas.

Kebahagian yang setiap hari dinikmati orang berpuasa adalah saat berbuka, nikmatnya tiada tara & akhir ramadhan kebahagian dirayakan dengan idul fitri,hari kemenangan,

Pesan moralnya bahwa apapun yang kita lakukan harus selala berakhir baik & bahagia atau khusnul khotimah. Pembelajaran ini hakikatnya membawa kita pada kesadaran akan kematian yang harus berakhir baik & abhagia,khusnul khotimah, krn kematian adalah sesuatu kepastian & kebenaran yang tidak dapat dibantah, pintu awal apakah kita akan mondok di surga atau neraka selamanya kekal didalamnya.

salam dialognol

About these ads